International Social Networking

Free File Hosting

Selasa, 04 Agustus 2009

Ilmuwan Tumbuhkan Gigi Baru Pada Tikus


HONG KONG - Ilmuwan Jepang memanfaatkan sel embrio untuk menumbuhkan gigi baru pada tikus dewasa. Mereka berharap, di masa yang akan datang, teknologi yang sama juga bisa diterapkan untuk menumbuhkan organ manusia.

"Terapi ini memiliki potensi untuk mengembalikan lagi fungsi organ yang hilang," kata pimpinan studi ini, Takashi Tsuji dari Research Institute of Science and Technology

Reuters, Selasa (4/8/2009) melansir dari makalahnya, ilmuwan menggambarkan bagaimana mereka telah mengembangkan gigi buatan yang disebut "bioengineered tooth germ" atau bakal gigi yang berisi sel tertentu yang diambil dari embrio tikus. Benih bakal gigi tersebut kemudian di cangkokkan ke dalam tulang rahang tikus dewasa.

Pada hari ke 37 setelah pencangkokan, ilmuwan melihat bahwa gigi buatan tersebut mulai nampak tumbuh dan si tikus bisa mengerat dengan gigi baru mereka sama seperti ketika mereka menggunakan gigi asli yang kini sudah hilang.

"Tingkat kekerasan enamel dan dentin pada gigi buatan itu sebanding dengan gigi alami mereka," kata Tsuji.

Tumbuhnya gigi baru itu juga lengkap dengan serat syaraf, ini terbukti ketika tikus diberikan tes, mereka merespons rasa sakit yang sengaja diberikan pada bagian gigi tersebut.

Tsuji berharap, penemuan teknologi bisa diterapkan juga untuk menumbuhkan organ baru pada manusia.

"Tujuan utama terapi regeneratif ini adalah untuk mengembangkan organ buatan yang bisa menggantikan organ yang rusak karena penyakit, cedera, atau penuaan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar